Supriyadi, Ahmad (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual tentang Sistem Organisasi Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_AHMAD_SUPRIYADI_1301500_5021_2018.pdf [thumbnail of B1_03_AHMAD_SUPRIYADI_1301500_5021_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_AHMAD_SUPRIYADI_1301500_5021_2018.pdf
Download (11MB)
Abstract
Pembelajaran adalah upaya-upaya yang meliputi penyampaian ilmupengetahuan, pengorganisasian dan menciptakan proses belajar mengajar denganberbagai metode yang bertujuan mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.Pembelajaran IPA disekolah dapat tercapai dengan baik, apabila siswa mencapaikompetensi yang telah ditetapkan pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.Kompetensi tersebut dicapai melalui strategi pembelajaran dan bahan ajar. Bahanajar yang digunakan belum mencapai kompetensi pemahaman siswa dikarenakankonten materi tidak terkait dengan konteks kehidupan siswa. Untuk itu, diperlukanbahan ajar berbasis pendekatan kontekstual dalam bentuk LKPD. Tujuanpenelitian ini adalah mengungkapkan validitas dan praktikalitas LKPD berbasispendekatan kontekstual tentang sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelasVII SMP/MTs.Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD (Research and Development)dengan model pengembangan 4-D melalui tiga tahapan, yaitu define, design, dandevelope. Tahap define adalah menetapkan masalah utama dalam pembelajaranIPA melalui wawancara dan pengisian angket. Tahap design adalah tahapmenyiapkan prototipe LKPD yang akan dikembangkan. Tahap develope adalahtahap menghasilakan LKPD berbasis pendekatan kontekstual yang valid danpraktis melalui pengisian angket validitas dan angket praktikalitas.LKPD berbasis pendekatan kontekstual sudah memiliki kriteria validdengan nilai rata-rata validasi 82 % dan sudah praktis oleh guru dan siswa dengannilai rata-rata praktikalitas masing-masing 83 % dan 88%. Dengan demukiandapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan kontekstual sudah beradapada tingkat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Berbasis pendekatan kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7345 |