Pengembangan E-Module Profesi Teknologi Pendidikan

Pirda, Novita (2021) Pengembangan E-Module Profesi Teknologi Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVITA_PIRDA_17004028_4660_2021.pdf] Text
B1_3_NOVITA_PIRDA_17004028_4660_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan E-Module Profesi Teknologi Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk dapat memberikan ketertarikan pada mahasiswa dalam perkuliahan karena menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan silabus dan penyajiannya yang menyediakan gambar dan video yang relevan dengan materi. Tujuan pengembangan e-module ini yaitu meningkatkan motivasi, minat dan perhatian belajar mahasiswa. Penggunaan e-module akan memberikan variasi belajar, karena belajar yang bersifat mandiri dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Mahasiswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan mengatur kecepatan belajar masing-masing. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Uji validitas produk e-module ini terdiri dari 3 (tiga) orang dosen dari jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Uji praktikalitas dilakukan kepada mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang telah menyelesaikan mata kuliah Profesi Teknologi Pendidikan yang berjumlah sebanyak 20 mahasiswa. Teknik analisis data yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian tim validator yaitu ahli materi dan ahli media diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,33 dengan kategori “valid”, hasil validasi dari ahli media I diperoleh rata-rata 4,86 dengan kategori “sangat valid” dan validitas ahli media II diperoleh rata-rata 4,55 dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas E-module Profesi Teknologi Pendidikan yang dikembangkan valid dan praktis sehingga dapat disimpulkan bahwa produk e-module layak digunakan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa dan dosen dalam perkuliahan Profesi Teknologi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-module, Profesi Teknologi Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:16
Last Modified: 23 Apr 2025 07:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7343

Actions (login required)

View Item
View Item