Saputra, Ilham (2020) Pengembangan Media Pembelajaran E-book menggunakan aplikasi Sigil Pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ILHAM_SAPUTRA_15004025_3565_2020.pdf [thumbnail of B1_03_ILHAM_SAPUTRA_15004025_3565_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ILHAM_SAPUTRA_15004025_3565_2020.pdf
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan masalah yang terdapat di SMA Negeri 1 Junjung Sirih pada mata pelajaran SEJARAH kelas XI. Terdapat permasalahan yaitu kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti mata pelajaran SEJARAH. Guru belum menyajikan pembelajaran yang dapat menimbulkan rasa ingin tau siswa dan guru masih mengajar secara konvesional dan kurang bervariasi sehingga kurangnya motivasi belajar dan semangat dalam belajar penyebab siswa kurang dapat memahami materi yang di sampaikan guru. E-book dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk sebagai media pembelajaran yang valid sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media pada mata pelajaran SEJARAH kelas XI di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Uji validitas produk dilakukan oleh 4 validator yaitu 2 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan E-book pada mata pelajaran SEJARAH kelas XI SMA menunjukkan bahwa, prosedur pengembangan ini ditempuh melalui beberapa tahap yang pertama, tahap studi pendahuluan dengan melakukan analisis kebutuhan, kedua tahap pengembangan E-book. Jadi dari prosedur pengembangan ini mendapatkan hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada pencapaian “sangat Sesuai” dengan nilai yang diperoleh validator 1 sebesar 4,60, dan validator 2 sebesar 4,50 untuk aspek media berada pencapaian “sangat layak” dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 3,60 dan validator II sebesar 4,35. Selanjutnya, Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa E-book pada mata pelajaran SEJARAH sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-book, Sigil |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:12 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7314 |