Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer dan Penggunaan Quizcreator Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 15 Padang

Nurmita, Novia (2015) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer dan Penggunaan Quizcreator Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVIA_NURMITA_54109_2244_2015.pdf] Text
B1_3_NOVIA_NURMITA_54109_2244_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bedasarkan hasil penelitian penulis terlihat bahwa proses belajar mengajar masih kurang optimal. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang pasif serta beberapa materi yang dianggap tidak menyenangkan untuk dipelajari karena cenderung menghafal bahasa latin yang membuat siswa menjadi jenuh dan bosan. Selain itu kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan penggunaan tes yang dianggap konvensional (Paper and pencil) juga dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimanakah pengaruh pembelajaran berbasis komputer dan penggunaan quizcreator terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biolgi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 7 kelas yang berjumlah 217 orang, dengan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 (kelompok eksperimen) dan siswa kelas VIII 2 (kelampok kontrol) masing-masing berjumlah 32 orang. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan ttest. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata yang menggunakan pembelajaran berbasis komputer dan quizcreator adalah 84,93 dengan SD 6,59, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yakni 78,75 dengan SD 5,16. Bedasarkan perhitungan uji t-test diperoleh t hitung 4,09 dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan t tabel 1,9971. Dengan demikian t hitung > t tabel , yaitu 4,09 > 1,9971, hal ini berati terdapat pengaruh pembelajaran berbasis komputer dan quizcreator terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komputer, Quizcreator, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:12
Last Modified: 23 Apr 2025 07:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item
View Item