Nasri, Sisri Fedra (2016) Efekifitas Media Flannelgraph dalam Mengenal Lambang bilangan bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB N 26 Lubang Panjang, Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SISRI_FEDRA_NASRI_1100237_4848.pdf [thumbnail of B1_2_SISRI_FEDRA_NASRI_1100237_4848.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SISRI_FEDRA_NASRI_1100237_4848.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilararbelakangi oleh ditemukan pada seorang anak tunagrahita ringan X kelas D2 C yang mengalami hambatan dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan hasil asesmen yang diketahui anak mengalami hambatan dalam mengenal lambang bilangan terutama lambang bilangan satu sampai sepuluh. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas media flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan satu sampai sepuluh bagi anak tunagrahita ringan kelas D2 C di SDLB N 26 Lubang Panjang, Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan satu sampai sepuluh bagi anak tunagrahita ringan kelas D2 C di SDLB N 26 Lubang Panjang, mengalami peningkatan setelah diberikan intervensi menggunakan media flannelgraph. Pada kondisi baseline yang dilakukan selama tujuh kali pertemuan, dengan persentase keberhasilan 20%. Pada kondisi intervensi menggunakan media flannelgraph, yang dilakukan selama sepuluh kali pertemuan, persentase keberhasilan anak dalam menjawab soal mencapai 80%. Dari hasil penelitian diatas terlihat bahwa media flannelgraph efektif dalam mengenal lambang bilangan satu sampai sepuluh bagi anak tunagrahita ringan kelas D2 C di SDLB N 26 Lubang Panjang, Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media flannelgraph, Mengenal lambang bilangan, Anak tungrahita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:10 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7298 |