Penerapan Metode Pembelajaran kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di Kelas X TITL SMKN 5 Padang

Irsyad, Ahmad (2018) Penerapan Metode Pembelajaran kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di Kelas X TITL SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AHMAD_IRSYAD_NASUTION_1303660_4690_2018.pdf] Text
B1_03_AHMAD_IRSYAD_NASUTION_1303660_4690_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan keinginan siswauntuk mengikuti pembelajaran, sehingga memberikan dampak yang kurang baikterhadap hasil pembelajaran tersebut. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalahmenggunakan model pembelajaran yang lebih menarik untuk merangsang minatsiswa tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga prosespembelajaran yang semestinya dapat berjalan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Penerapan Metode pembelajaran Kooperatif Tipe Tean AcceleratedInstruction Untuk meningkatkan hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran GambarTeknik di kelas X TITL di SMKN 5 Padang.Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (One Group Pretest-PosttestDesign). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMKN 5 Padangyang terdaptar pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 orang siswa,dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan tes tes hasil belajarberupa tes objektif yang terdiri dari Pretest dan posttest, Setelah melakukananalisis data uji beda nilai UH (Ulangan Harian) pada KD 7, didaptatkan hasilkelas X TITL 1 sebagai kelas uji coba soal, sedangkan kelas ekperimen X TITL 2.Hasil undian terpilihlah kelas X TITL 2. Dalam penelitian ini teknik pengumpulandatanya adalah dengan mengumpulkan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasilpretest dan post-test, Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata rata nilai post-testsiswa adalah 81,3125 dan nilai prittest siswa adalah 74,4375. Perhitunganmenggunakan Uji Normalitas dan Gain Score yaitu nilai sig. Normalitas = 0,306 >0,05 dan sig. Normalitas = 0,441 > 0,05 maka data yang didapatkan dari keduakelas subjek penelitian berdistribusi Normal, dan perbandingan Gain score ratarata sebesar 0,26, dikategorikan klasifikasi rendah. Dari hasil perhitungan iniditemukan 16 orang siswa berklasifikasi rendah, 12 orang siswa berklasifikasisedang dan 3 orang siswa berklasifikasi tinggi. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran kooperatif Tipe TeamAccelerated Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada mataPelajaran Gambar teknik Di Kelas X TITL Di SMKN 5 Padang .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, Hasil belajar, Quasi experiment, uji Normalitas, Gain score
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:10
Last Modified: 23 Apr 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item
View Item