Pengaruh Penerapan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP N 4 Kota Solok

Fadhil, Ahmad (2017) Pengaruh Penerapan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP N 4 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AHMAD_FADHIL_54075_4094_2017.pdf] Text
B1_03_AHMAD_FADHIL_54075_4094_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 4 Kota Solok,terlihat bahwa kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia masih berpusat pada guru,guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Kurangnya partisipasi siswa dalampembelajaran berdampak terhadap rendahnya hasil belajar. Berdasarkan masalahtersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya akibatdari Pengaruh Penggunaan Strategi PQ4R Terhadap Hasil Belajar Siswa PadaMata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VIII SMP N 4 Kota Solok.Jenis penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif berupainstrumen yang menghasilkan data numerikal. Sesuai dengan permasalahan yangditeliti maka jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang jenisnyaadalah Quasy Eksperiment atau eksperimen semu. Populasi penelitian adalahsiswa kelas VIII SMP N 4 Kota Solok yang berjumlah 52 orang terdiri dari 2kelas, kelas VIIIa sebagai eksperimen yang menggunakan strategi belajar PQ4Rdan siswa kelas VIIIb sebagai kelas kontrol menggunakan strategi konvensional.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ttes.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yangmenggunakan strategi belajar PQ4R 79,90 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelaskontrol 70,19. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung 3,3 sedangkanttabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 2,009. Jika dibandingkan, maka thitunglebih besar dari ttabel yaitu 3,3 > 2,009. Dapat disimpulkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menerapkan strategi PQ4Rdibandingkan siswa yang menerapkan strategi konvensional pada mata pelajaranBahasa Indonesia di kelas VIII SMP N 4 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh strategi PQ4R, Bahasa indonesia, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:09
Last Modified: 23 Apr 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item
View Item