Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi di Kelas IX SMP N 1 Singkarak.

Pratama, Septia Winardy (2015) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi di Kelas IX SMP N 1 Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SEPTIA_WINARDY_PRATAMA_11750_1236_2015.pdf] Text
B1_3_SEPTIA_WINARDY_PRATAMA_11750_1236_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 1 Singkarak, terlihat bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Centered). Guru mendominasi kegiatan pembelajaran dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dan mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pembelajaran yang mengaktifkan siswa salah satunya adalah model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op dan pembelajaran konvensional di Kelas IX SMP N 1 Singkarak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP N 1 Singkarak berjumlah 84 orang terdiri dari 4 kelas, teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas IX.C dan IX.D masing-masingnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, alat pengumpul data digunakan lembaran tes. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen sebesar 81,25 dan SD 8,71, lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 75,75 dan SD 7,47. Dari analisis t-test diperoleh t hitung 2,8894. Pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 1,6860, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Co-Op Co-Op berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Geografi kelas IX SMP N 1 Singkarak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil Belajar, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:07
Last Modified: 23 Apr 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item
View Item