Ramadhani, Agre Ilham (2018) Pengaruh Penggunaan Paper Craft Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_AGRE_ILHAM_RAMADHANI_54089_1630_2018.pdf [thumbnail of B1_03_AGRE_ILHAM_RAMADHANI_54089_1630_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_AGRE_ILHAM_RAMADHANI_54089_1630_2018.pdf
Download (7MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang peneliti lakukandi SMP N 26 Padang, terlihat kurang bervariasinya guru dalam menggunakanmedia pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa gambardua dimensi. Hal ini berdampak kurangnya minat siswa dan merasa jenuh untukmengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa menurun oleh. Penelitian inibertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan paper craft terhadap hasil belajarsiswa di SMP Negeri 26 Padang.Penelitian ini bersifat quasi experiment. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Padang. Peneliti menggunakanteknik purposive sampling dalam menentukan sampel. Menurut Sudjana(2005:168) “Purposive Sampling dikenal juga sebagai sampling pertimbangan,terjadi apabila pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbanganperorangan atau pertimbangan peneliti”. Sampel meliputi kelas VII.4 sebagaikelas eksperimen sebanyak 34 orang siswa dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrolsebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupadokumentasi dan tes akhir pada kedua kelas. Teknik analisa data menggunakan ujinormalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil tes akhir siswa berupa lembar kerja yang telah diberikankepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh hasil bahwa di kelaseksperimen (kelas VII.4) dengan nilai rata-rata 81.12, sedangkan pada kelaskontrol (kelas VII.7) nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,36. Hasil analisisdata yang telah dilakukan bahwa thitung sebesar 4,2135 dibandingkan dengan ttabel ,sebesar 2,000 dengan derajat kebebasan (dk = (n1-1)+(n2-1)) pada taraf signifikan0,05. Maka thitung lebih besar dari ttabel yang berarti terdapat perbedaan yangsignifikan. Hasil analisis hipotesis dengan uji thitung = 4,2135 dan harga ttabel =2,000, ini berarti thitung tidak berada pada daerah penerimaan H0 sehingga H0ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antarapembelajaran menggunakan media pembelajaran paper craft dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional pada kelas VII SMP N 26 Padang padatahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Paper craft, Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:28 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7231 |