Karmila, Septi (2014) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Macromedia Director pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SEPTI_ KARMILA_11697_404_2014.pdf [thumbnail of B1_3_SEPTI_ KARMILA_11697_404_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SEPTI_ KARMILA_11697_404_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak, terlihat proses pembelajaran masih kurang efektif disebabkan rendahnya minat dan motivasi belajar, serta kurangnya penggunaan media dalam menyampaikan materi pelajaran pada mata pelajaran geografi yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi macromedia director pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini adalah quasy eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan aplikasi macromedia director dengan media pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada tahun pelajaran 2013/2014, dengan teknik purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 8 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X 9 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan ttes yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen 79,21 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol 68,75. Perhitungan t-test menyatakan bahwa t-hitung 4,239 sedangkan t-tabel untuk taraf signifikan 0,05 adalah 2,000 sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan aplikasi macromedia director (kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dengan aplikasi macromedia director berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Macromdia Director, Aplikasi, Efektivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7221 |