Y, Septevan Nanda (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SEPTEVAN_NANDA_01193_1130_2013.pdf [thumbnail of B1_3_SEPTEVAN_NANDA_01193_1130_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SEPTEVAN_NANDA_01193_1130_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Guru menerangkan pelajaran dengan menggunakan metode ceramah, kemudian siswa terpaku atas penjelasan oleh guru. Pada penjelasan siswa hanya terpaku mencatat dan mendengarkan tanpa melibatkan dalam pelajaran sehingga siswa masih sulit memahami materi pelajaran dan kurang termotivasi. Maka dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan belajar kelompok dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa konvensional.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode belajar kelompok terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi pada kelas VII SMP N 3 Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy ekssperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Pariaman. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII 3 SMP N 3 Pariaman (kelas eksperimen) dan siswa kelas VII 7 SMP N 3 Pariaman (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan tes hasil belajar alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah di analisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan belajar kelompok lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Hasil uji t hitung > t 5 tabel, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikasn antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran TIK dengan menggunakan belajar kelompok lebih afektif belajarnya dibandingkan dengan hasil belajar siswa pembelajaran konvensional di SMP N 3 Pariaman pada taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Belajar, Hasil Belajar, TIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:20 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7215 |