Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Ratusan Melalui Media Puzzle Mistar Bagi Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas III di SD Negeri 05 Bandar Buat Padang)

Yanti, Nelda (2014) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Ratusan Melalui Media Puzzle Mistar Bagi Anak Kesulitan Belajar (Single Subject Research Kelas III di SD Negeri 05 Bandar Buat Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NELDA_YANTI_17937_6007_2014.pdf] Text
B1_2_NELDA_YANTI_17937_6007_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 05 Bandar Buat, Seorang anak kesulitan belajar kelas III yang mengalami kesulitan pembelajaran matematika terutama dalam mengenal bilangan ratusan. Hal ini terlihat dari hasil asesmen yang diberikan oleh penulis dimana anak belum paham dalam menyebutkan, menuliskan, dan mengurutkan bilangan ratusan.Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan media puzzle mistar
dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan ratusan bagi anak kesulitan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B. Teknik analisis data yang digunakan dalam bentuk
Visual Analysis of Grafik. Penelitian dilakukan pada kondisi baseline sebanyak enam kali pengamatan dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa persentase stabiltas
menyebutkan bilangan (105-115) sebelum diberikan intervensi 66,67%, setelah diberikan intervensi persentase stabilitas 12,5%. Persentase stabilitas menuliskan bilangan (105-115) sebelum diberikan intervensi 83,33%, setelah intervensi
persentase stabilitas 10%, Sedangkan dalam mengurutkan bilangan (105-115) persentase stabilitas sebelum intrvensi 50%, sedangakn setelah intervensi persentase stabilitas 10%. Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan
bahwa hipotesis (Ha) yang di ajukan dapat diterima. Artinya media puzzle mistar dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan ratusan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 05 Bandar Buat Padang.Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran matematika agar dapat menggunakan media puzzle mistar bagi anak berkesulitan belajar dalam mengajarkan mengenal konsep bilangan ratusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:07
Last Modified: 23 Apr 2025 04:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7201

Actions (login required)

View Item
View Item