Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota

Oktafiana, Nola (2013) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOLA_OKTAFIANA_01249_1918_2013.pdf] Text
B1_3_NOLA_OKTAFIANA_01249_1918_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, menuntut guru mencari berbagai model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu diantaranya adalah menerapkan model Cooperative Learning tipe Scramble. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII semester I SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII 1 (kelas eksperimen) dan VII 3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dalam pelajaran hardware dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dalam bentuk soal objektif sebanyak 30 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlet kemudian di analisis dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Scramble 78,85 dengan standar deviasi (SD) 7,67 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Scramble 70,4 dengan standar deviasi (SD) 10,56. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,82 pada taraf kepercayaan 95% t tabel adalah 2,042, sehingga t hitung besar dari t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VII SMP Negeri 2 Kec. Gunuang Omeh Kab. Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Scramble, TI&K
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:07
Last Modified: 23 Apr 2025 04:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7188

Actions (login required)

View Item
View Item