Muchlis, Silvia (2014) Meningkatkan Pemahaman Tanda Baca dalam Menulis Melalui Media CD bagi Anak Kesulitan Belaiar Kelas IV X di SD N 01 Alang Lawas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SILVIA_MUCHLIS_17200_5766_2014.pdf [thumbnail of B1_2_SILVIA_MUCHLIS_17200_5766_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SILVIA_MUCHLIS_17200_5766_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari sebuah temuan peneliti pada seorang anak kesulitan belajar. Tujuanya untuk meningkatkan pemahaman tanda baca dalam menulis bagi anak kesulitan belaiar melalui media CD Interaktif. Adapun hipotesis penelitian ini adalah penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan pemahaman tanda baca bagi anak kesulitan belajar kelas IV X di SD N 01 Alang Lawas Padang. Penelitian ini menggunakan desain A-B dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Sebagai subjeknya adalah salah seorang anak kesulitan belajar. Penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini, konsisten daiam mengukur berapa buah jenis tanda baca beserta fungsinya yang dapat disebutkan dan digunakan anak daiam penulisan dan disajikan daiam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi baseline pemahaman anak kesttlitan belajar x dalam memahami tanda baca sangat rendah. anak hanya mampu menyebutkan tiga jenis tanda baca. beserta satu fungsi tanda baca titik, dan hanya bisa menggunakan tanda baca hubung dalatn kalimat maupun wacana sederhana yang diberikan. Dan setelah diherikan intervcnsi dengan menggunakan media CD tnteraktif kemampuan anak meningkat. Dimana anak bisa menyebutkan lima jenis tanda baca beserta empat fungsinya dan mampu menggunakan semua jenis tanda baca (titik. koma, tanya, seru dan hubung) pada Saat menulis. Dengan persentase perbandingan 40% pada kondisi baseline dan 93% pada kondisi intervensi. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan terjawub bahwa media CD Interaktif dapat meningkatkan pemahaman tanda baca hagi anak kesulitan belajar kelas IV X di SD N 01 Alang Lawas Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman tanda baca, Media CD interaktif, Anak kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:06 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7186 |