Gusneli, Gusneli (2016) Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung ke Objek Wisata Air Terjun Bayang Sani. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_GUSNELI_1102284_2132_2017.pdf [thumbnail of B1_04_GUSNELI_1102284_2132_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_GUSNELI_1102284_2132_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang Objek Wisata Air Terjun Bayang Sani Kabupaten Pesisir Selatan, peneliti menemukan: tidak adanya jalan penunjuk arah, tidak tersedianya sarana transportasi umum untuk mencapai lokasi objek wisata, fasilitas pendukung tidak memiliki standar keselamatan bagi pengunjung, tidak adanya tempat sampah yang disediakan disekitar objek wisata
sehingga sampah berserakan dan mengganggu kenyamanan pengunjung, tempat penginapan yang jauh dari objek wisata, kurang tersedianya warung-warung di sekitar objek wisata sehingga pengunjung sulit mendapatkan makanan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung ke Objek wisata Air Terjun Bayang Sani Kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini digolongkan kepada assosiatif kuasal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Bayang Sani. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan teknik insidental sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis data, analisis koefisien korelasi, analisis regresi linear sederhana melalui analisis koefisien determinan (R Square), dengan menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas Wisata berada pada kategori baik (53,60%), (2) Kepuasan Pengunjung berada pada kategori cukup (60,82%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F
hitung 2,730 >F tabel
1,669 dengan taraf sig. 0,008 < 0,05, maka variabel fasilitas wisata dapat menjelaskan variabel kepuasan pengunjung secara signifikan. Selanjutnya dengan
R Square sebesar 0,073. Artinya fasilitas wisata mempengaruhi kepuasan pengunjung sebesar 7,3%. Selanjutnya diperoleh t
hitung 2,432 > t
tabel 1,666 dengan
taraf sig. 0,008.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Wisata dan Kepuasan Pengunjung |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:05 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7182 |