Use a Video-Recording Based Self Assessment System For Senior High School Students In Speaking Class

Silfia, Nofa (2012) Use a Video-Recording Based Self Assessment System For Senior High School Students In Speaking Class. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOFA_SILFIA_86744_6532_2012.pdf] Text
B1_3_NOFA_SILFIA_86744_6532_2012.pdf

Download (286kB)

Abstract

Makalah ini membahas salah satu teknik pengajaran bahasa inggris khususnya bagi siswa Sekolah Menengah Atas melalui teknik “self assessment system”. Urutan kegiatan pada teknik ini dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat menarik minat siswa untuk belajar bahasa inggris dengan semangat dan termotivasi tanpa merasa terbebani. Kegiatan ini terdiri dari dua kali pertemuan, pada pertemuan pertama guru memberikan pengetahuan tentang self assessment dan video recording, siswa juga akan mendiskusikan ekspresi yang akan digunakan dalam kegiatan mereka. Untuk merekam drama mereka, siswa diberi kebebasan untuk memilih tempat mereka masing-masing dan bekerja di luar jam sekolah, dan siswa bisa meng-ekpresikan diri mereka. Pertemuan kedua, siswa menonton rekaman drama mereka dan memberikan penilaian terhadap rekaman tersebut. Dalam kegiatan ini siswa dapat memberikan penilaiannya terhadap penampilan atau kemampuan berbicaranya serta penampilan teman-temannya. Dimana sebelumnya mereka merekam penampilan mereka saat berbicara dalam berbahasa Inggris. Setelah itu mereka akan memberikan penilaian pada setiap penampilan. Diharapkan pada penilaian ini mereka dapat berfikir kritis dalam menilai kemampuannya dan teman-temannya. Kegiatan ini secara tidak langsung akan meningkatkan cara berfikir kritis dalam memberikan penilaian. Kegiatannya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berbicara. Teknik ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru bahasa Inggris, sehingga menambah teknik mereka dalam pengajaran berbicara. Dan juga bagi siswa diharapkan teknik ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, motivasi dan percaya diri,berfikir kritis serta siswa dapat merasa senang belajar bahasa Inggris di sekolah atau di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Assessment System, Video-Recording
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:02
Last Modified: 23 Apr 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7164

Actions (login required)

View Item
View Item