Pengaruh Penerapan Metode Latihan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VIII di SMP N 22 Padang

Weka, Nila (2012) Pengaruh Penerapan Metode Latihan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VIII di SMP N 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NILA_WEKA_83098_3631_2012.pdf] Text
B1_3_NILA_WEKA_83098_3631_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 22 Padang, terlihat proses belajar mengajar masih kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan metode latihan terbimbing dalam pembelajaran TI&K pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian quasy experiment yang bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan menerapkan metode latihan terbimbing disertai panduan praktek di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan panduan praktek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 22 Padang, pada tahun ajaran 2011/2012 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel adalah siswa kelas VIII.3 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII.4 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, alat pengumpul data yaitu lembaran soal. Setelah di peroleh data, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil penelitan diperoleh nilai rata-rata pembelajaran yang menerapkan metode latihan terbimbing disertai panduan praktek lebih tinggi dari pembelajaran yang tidak menggunakan panduan praktek. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan terbimbing dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran Microsoft Excel lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan panduan praktek di SMP Negeri 22 Padang pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan Terbimbing, TI&K
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:58
Last Modified: 23 Apr 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7135

Actions (login required)

View Item
View Item