Satriawan, Satriawan (2015) Penerapan Model Pembelajaran Hypnoteaching Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas VII SMP N 11 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SATRIAWAN_04067_5192_2015.pdf [thumbnail of B1_3_SATRIAWAN_04067_5192_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SATRIAWAN_04067_5192_2015.pdf
Download (6MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 11 Sijunjung ditemui masalah bahwa masih kurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran, siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Hasil belajar sebagian besar siswa kelas VII masih belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran TIK kelas VII di SMP Negeri 11 Sijunjung.penggunaan model Hypnoteaching Berbantuan Multimedia Interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 11 Sijunjung yang berjumlah 123 orang yang terdiri dari 5 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan VII.5 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching Berbantuan Multimedia Interaktif adalah 83,33 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,13 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 67,92 dan standar deviasi (SD) sebesar 8,24. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 5,37 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t tabel 2,002, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Hypnoteaching Berbantuan Multimedia Interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMP N 11 Sijunjung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Hypnoteaching Berbantuan Multimedia Interaktif, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar TIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:58 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7134 |