Pancawinta, Niki (2015) Efektivitas Penerapan Pendekatan Ilmiah (Scientific) Pada Pembelajaran IPS di Kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NIKI_PANCAWINTA_1100405_4459_2015.pdf [thumbnail of B1_3_NIKI_PANCAWINTA_1100405_4459_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NIKI_PANCAWINTA_1100405_4459_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang ditemui fenomena bahwa Guru menerapkan pembelajaran yang monoton. Pendekatan yang digunakan guru bersifat teacher center (berpusat pada guru). Pada saat pembelajaran berlangsung guru lebih aktif sedangkan siswa cenderung pasif. Siswa tidak kreatif, siswa tidak serius ketika pembelajaran IPS berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakan suatu penelitian yang menerapkan Pendekatan Ilmiah (Scientific) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan ilmiah (scientific) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas yang menerapkan pendekatan ilmiah (scientific) dan kelas yang menerapkan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 164 orang yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan VII.3 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yang belajar dengan pendekatan ilmiah (scientific)adalah 82,92 sementara kelas kontrol yang belajar dengan metode konvensional adalah 76,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan ilmiah (scientific) lebih efektif pada pembelajaran IPS di kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, endekatan Ilmiah (Scientific), Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:56 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7121 |