Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa di Kelas VII SMPN I Kota Solok

Rahmayati, Nesfi (0203) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa di Kelas VII SMPN I Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NESFI_RAMAYANTI_04035_1186_2013.pdf] Text
B1_3_NESFI_RAMAYANTI_04035_1186_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga membutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII SMPN I Kota Solok. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunanan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN I Kota Solok yang berjumlah 330 siswa terdiri dari 11 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII K sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas memiliki 30 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai hasil test akhir. Sumber data adalah nilai siswa dan data diolah dengan uji t (t-test). Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token adalah 80,52 lebih tinggi dari pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token yaitu 69,62. Hasil uji t hitung > t tabel , yaitu 5,6176 > 1,90, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan materi pelajaran peranan dan keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi lebih efektif jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token di SMPN I Kota Solok pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Time Token, Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:06
Last Modified: 23 Apr 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item
View Item