Yeni, Neneng Wetri (2012) Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual oleh Guru PKn di SMA Negeri 2 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NENENG_WEFRI_YENI_89284_5327_2012.pdf [thumbnail of B1_3_NENENG_WEFRI_YENI_89284_5327_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NENENG_WEFRI_YENI_89284_5327_2012.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kemampuan guru di SMAN 2 Solok selatan dalam menggunakan media audio vsual masih kurang, sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) sejauh mana penggunaan media pembelajaran audio visual oleh guru PKn di SMA N 2 Solok Selatan, 2) hambatan yang ditemui dalam penggunaan media pembelajaran audio visual oleh guru PKn di SMA N 2 Solok Selatan, dan 3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penggunaan media pembelajaran audio visual oleh guru PKn di SMA N 2 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan yang digunakan guru PKn SMAN 2 Solok Selatan, siswa, dan kepala sekolah SMAN 2 Solok Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tekni observasi, wawancara, dikumentasi dan angket. Selanjutnya data yang telah diperoleh diuji keabsahannya dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Analisa data dilakukan dengan tahap-tahap reduksi data, klasifikasi data, interprestasi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran PKn di SMAN 2 Solok Selatan masih banyak yang belum menggunakan media audio visual serta beberapa orang guru yang menggunakan media Laptop, dan infokus. Beberapa hambatan yang ditemui dalam penggunaan media pembelajaran dari faktor internal seperti pengetahuan dan pemahaman guru tentang media masih terbatas, keterampilan guru dalam menggunakan media masih terbatas. Faktor eksternal yaitu jenis media masih terbatas dan waktu dalam membuat media tidak cukup. Selanjutnya upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu meningkatkan pengetatahuan dan keterampilan guru, memperbanyak jenis media dan merencanakan secara sistematis proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio Visual, Guru PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7085 |