Putri, Ewiza Asma (2014) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 2 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_EWIZA_ASMA_PUTRI_97153_2946_2014.pdf [thumbnail of B1_2_EWIZA_ASMA_PUTRI_97153_2946_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_EWIZA_ASMA_PUTRI_97153_2946_2014.pdf
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa terutama pada siswa kelas XI IPS2 pada mata pelajaran sejarah di SMA N 2 Painan.Pembelajaran Sejarah hanya bersifat satu arah yaitu dari guru ke siswa sehingga kurangnya aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran, akibatnya mereka kurang memahami materi pembelajaran. Sehubungan dengan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar Sejarah siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di SMA N 2 Painan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi.Subjek penelitian adalah siswa kelasXI IPS2 pada mata pelajaran sejarah di SMA N 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukan masih ada aktivitas siswa yang belum terlaksana dengan baik sesuai dengan lima kategori yang dikatakan oleh Arikunto yaitu : Baik sekali, baik, cukup, kurang, dan kurang sekali. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan beberapa perbaikan meliputi: memberikan penajaman (penjelasan) terhadap langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), memberikan motivasi dan evaluasi. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, maka terjadi peningkatan aktivitas siswa seperti: membaca bahan bacaan 86,67%, tekun membaca buku LKS 76,67%, siswa aktif memberikan pertanyaan 70%, siswa aktif memberikan jawaban teman 70%, aktif dalam menarik kesimpulan pelajaran 66,67%, aktif memberikan pendapat dari jawaban teman 66,67%, siswa aktif menulis hasil bacaan 60%, aktif menulis hasil diskusi 70% dan aktif membuat laporan hasil diskusi 73,33% .Dari 9 deskriptor pada umumnya sudah memiliki kategori baik dan baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COOPERATIVE TIPE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7080 |