Kinerja Guru Sejarah yang Profesional di SMA N 1 Gunung Talang

Naldi, Naldi (2013) Kinerja Guru Sejarah yang Profesional di SMA N 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NALDI_89197_3152_2013.pdf] Text
B1_2_NALDI_89197_3152_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah bahwa guru-guru Sejarah SMA N 1 Gunung Talang telah lulus sertifikasi dan memiliki kompetensi profesional.Namun jika dilihat dari pelaksanaan pembelajaran, guru kurang fokus dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dimana guru lebih sering memberikan siswa
tugas untuk mencatat, sehingga siswa lebih banyak diam dan proses pembelajaran kurang efektif. Dimana dalam proses penjelasan materi pelajaran, materi yang disampaikan guru kurang bisa dipahami siswa, serta tidak berfariasinya metode
pembelajaran yang diberikan guru dalam proses pembelajaran, sehingga siswa merasa keliru dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru sejarah yang sudah sertifikasi di SMA N
1 Gunung Talang yang meliputi, Guru merencanakan pembelajaran, Guru melaksanakan pembelajaran, Guru menilai hasil pembelajaran, Guru membimbing dan melatih peserta didik serta Guru melaksanakan tugas tambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi observasi, dokumen dan wawancara langsung kepada guru sejarah terhadap kinerja guru tersebut dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan
pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik serta melaksanakan tugas tambahan. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru sejarah SMA N 1 Gunung Talang belum
sepenuhnya dapat dikatakan baik, karena masih terdapatnya beberapa kelemahan.Terutama dalam merencanakan pembelajaran dilihat dalam pembuatan silabus dan RPP guru belum mampu untuk membuatnya sendiri. Dimana guru masih copy paste dari silabus guru sekolah lain dan juga pernah dibuatkan oleh mahasiswa PL, begitu juga dengan RPP, guru juga masih berpedoman dari RPP guru sekolah lain. Selanjutnya dilihat dari peleksanaan pembelajaran sebagian guru masih ada
yang mengutamakan metode ceramah dan dalam penggunaan media guru masih belum mampu untuk mengembangkan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja guru sejarah SMA N 1 Gunung Talang dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran belum bisa dikatakan baik, karena dalam merencanakan
pembelajaran, guru belum mampu membuat dan mengembangkan silabus secara pribadi. Kemudian dalam melaksanakan pembelajaran, masih ada sebagian guru yang mengutamakan metode ceramah, serta dalam penggunaan media guru belum
mampu menggunakan media yang berfariasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2025 01:04
Last Modified: 23 Apr 2025 01:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7051

Actions (login required)

View Item
View Item