Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah dalam Pembelajaran IPS bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB 20 Nan Balimo Kota Solok (Quasi Eksperiment Di Kelas DIII/C SDLB N 20 Nan Balimo Kota Solok).

Putri, Nadya (2012) Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah dalam Pembelajaran IPS bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB 20 Nan Balimo Kota Solok (Quasi Eksperiment Di Kelas DIII/C SDLB N 20 Nan Balimo Kota Solok). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NADYA PUTRI_01122_4256_2012.pdf] Text
B1_2_NADYA PUTRI_01122_4256_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang peneliti temukan dalam pembelajaran IPS di kelas DIII/C SDLB 20 Nan Balimo Kota Solok tentang pengenalan alat musik daerah, anak belum mengenal alat musik dari daerahnya. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan media kartu gambar saja yang kurang diminati anak. Sehingga dalam proses pembelajaran anak kurang tertarik dan dibutuhkan media yang tepat untuk mengatasi kebosanan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah menggunakan media video pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Ekperiment dengan desain matching pretest-postes control group design (desain kelompok control pratest-postest berpasangan). Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas
DIII/C di SDLB 20 Nan Balimo yang berjumlah empat orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes soal objektif sebanyak 10 buah yang dibacakan secara lisan, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji U Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Uhit = 1 dan pada taraf signifikan 95% atau alfa=0,05 diperoleh Utab = 0 untuk n=4. Berdasarkan hasil tersebut maka kriteria pengujian Uhit > Utab, diterima, artinya Ha diterima dan
Ho ditolak, hal ini membuktikan bahwa penggunaan media video lebih efektif dalam meningkatkan pengenalan alat musik daerah bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C SDLB 20 Nan Balimo Kota Solok. Maka dari itu penulis
menyarankan kepada guru untuk memilih media yang sesuai dan menarik dengan karakteristik anak dalam pembelajaran salah satunya media video.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2025 01:04
Last Modified: 23 Apr 2025 01:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item
View Item