Yayu, Nella Dwigusni (2014) Pengembangan Handout Bernuansa Kontekstual dengan Tampilan Majalah pada Materi Sistem Gerak pada Manusia untuk Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NELLA_DWIGUSNI_YAYU_54899_5015_2014.pdf [thumbnail of B1_3_NELLA_DWIGUSNI_YAYU_54899_5015_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NELLA_DWIGUSNI_YAYU_54899_5015_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Dalam proses pendidikan, perkembangan-perkembangan baru selalu muncul sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaannya. Peningkatan kualitas ini juga dapat diupayakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya tersebut adalah mengembangkan bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami siswa. Bahan ajar yang digunakan di sekolah masih terdapat kelemahan, diantaranya kurang menyajikan gambar dan kurang membantu siswa dalam memahami materi biologi. Oleh karena itu, dikembangkan bahan ajar berupa handout bernuansa kontekstual dengan tampilan majalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan handout, menghasilkan dan mengetahui validitas dan praktikalitas handout dengan tampilan majalah pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa SMA yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan 3 tahap dari model 4D yaitu define, design, dan develop. Tahap define meliputi analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan handout bernuansa kontekstual dengan tampilan majalah. Pada tahap develop dilakukan validasi handout oleh 5 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang guru, 20 orang siswa Kelas XI IPA SMAN 12 Padang, dan 20 orang siswa SMAN 1 Pariaman. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan rumus persentase. Dari penelitian ini, dihasilkan bahan ajar berupa handout bernuansa kontekstual dengan tampilan majalah tentang materi sistem gerak pada manusia untuk siswa SMA. Hasil validitas diperoleh nilai sebesar 88,17% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas handout bernuansa kontekstual dengan tampilan majalah oleh guru memiliki nilai rata-rata 90,83% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa SMAN 12 Padang memiliki nilai rata- rata 84,09% dengan kriteria praktis, dan hasil uji praktikalitas oleh siswa SMAN 1 Pariaman memiliki nilai rata-rata 91,92% dengan kriteria sangat praktis Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa handout dengan tampilan majalah pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa SMA yang dikembangkan memiliki kriteria yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout, Tampilan Majalah, Sistem Gerak pada Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 09:35 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7030 |