Efektivitas Penggunaan Media Video Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung

Sholiha, Hilwani (2021) Efektivitas Penggunaan Media Video Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HILWANI_SHOLIHA_17004087_162_2022.pdf] Text
B1_03_HILWANI_SHOLIHA_17004087_162_2022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap pembelajaran Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung, diperoleh informasi bahwa penggunaan WhatsApp Group dalam proses belajar tidak beraturan dan masih berpusat pada guru dengan menggunakan WhatsApp berbantuan buku paket. Saat pembelajaran tersebut, penggunaan bahan ajar belum mendorong siswa untuk aktif, situasi saat belajar belum tergambar baik, penyajian materi kurang menarik, dan kurangnya pemanfaatan media membuat siswa menjadi pasif sehingga berdampak secara negatif pada hasil belajar siswa. Peneliti melakukan eksperimen dengan menguji coba penggunaan Google Classroom berbantuan media video dalam pembelajaran Bimbngan TIK terhadap hasil belajar siswa di SMPN 1 Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan media video berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment untuk melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX. B dan IX.C dengan jumlah siswa 32 orang perkelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa lembar tes sebanyak 20 butir soal piliha ganda dengan alat pengumpulan data menggunakan lembaran jawaban. Data yang didapat dianalisis dengan uji perbedaaan (t-tes). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok kelas eksperimen sebesar 76,25 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kelas kontrol sebesar 63,75. Dari analisis uji-t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,22 > 1,697 pada tarif signifikan α 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berbantuan Google Classroom efektif pada pelajaran Bimbingan TIK di SMPN 1 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Google Classroom, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:21
Last Modified: 22 Apr 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item
View Item