Efektifitas Pola Belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Kemampuan Terjemahan Al-quran bagi Anak Berkesulitan Belajar

Yuliani, Yuliani (2017) Efektifitas Pola Belajar Visual Auditori Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Kemampuan Terjemahan Al-quran bagi Anak Berkesulitan Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_02_YULIANI_1300092_4388_2017.pdf] Text
B1_02_YULIANI_1300092_4388_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDN 09 Koto Lua pada kelas III berjumlah lima orang siswa berkesulitan belajar. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang peneliti lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas metode visual auditori kinestetik (VAK) untuk meningkatkan kemampuan terjemahan Al-quran bagi anak berkesulitan belajar.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah preexperimental design dengan one group pretest and postest pre eksperiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah penggalan ayat dari surat al-qoriah. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Mann Whitney . Dengan kriteria pengujian penilaian penelitian ini adalah: hipotesis diterima jika Uhit > Utab . Diluar kondisi ini hipotesis ditolak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata posttest siswa meningkat dari hasil pretest setelah dilakukan treatment sebanyak lima kali. Kemampuan siswa dalam menterjemahkan al-quran meningkat setelah diterapkan metode VAK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa metode visual auditori kinestetik (VAK) efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan terjemahan al-quran bagi anak berkesulitan belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EFEKTIFITAS POLA BELAJAR VISUAL AUDITORI KINESTETIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:05
Last Modified: 22 Apr 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item
View Item