Asvira, Monika Yeyen (2021) Pembelajaran Jarak Jauh bagi Anak Tunarungu pada Masa Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kualitatif di SLB Al Azhar Bukittinggi). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MONIKA_YEYEN_ASVIRA_16003157_747_2021.pdf [thumbnail of B1_2_MONIKA_YEYEN_ASVIRA_16003157_747_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MONIKA_YEYEN_ASVIRA_16003157_747_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan tentang sistem pembelajaran di sekolah pada kondisi pandemic covid-19 pada saat sekarang ini. Kegiatan Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 telah mengalami perubahan dari pembelajaran secara tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran secara jarak jauh baik melalui daring maupun luring. Pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah merupakan sebuah tantangan yang baru bagi seluruh sektor pendidikan, baik sekolah reguler maupun sekolah luar biasa(SLB). Pembelajaran jarak jauh juga berlaku untuk anak berkebutuhan khusus seperti anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanan pembelajaran jarak jauh, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh bagi anak tunarungu di SLB Al Azhar Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh bagi anak tunarungu dilakukan dengan menggunakan metode daring dan luring, strategi yang diterapkan yaitu memanfaatkan teknologi sebagai media PJJ melalui Whatsapp group. Faktor pendukung terlaksananya pembelajaran jarak jauh yaitu kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua tentang rencana pembelajaran jarak jauh agar terlaksana dengan maksimal, adanya bantuan dari pihak sekolah berupa dana BOS untuk guru serta bantuan kuota gratis dari pemerintah. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yaitu orang tua yang memiliki pekerjaan tetap dan tak bisa ditinggalkan sehingga tidak dapat mendampingi anak belajar, pemahaman orang tua tentang materi dan tugas karena tidak dijelaskan secara rinci akan tugas serta latar belakang pendidikan orang tua dan tempat tinggal peserta didik yang sulit memperoleh jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh, Anak Tunarungu, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:02 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6959 |