Khair, Nadia El (2021) Analisis Self-Efficacy Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NADIA_EL_KHAIR_17031167_2110_2021.pdf [thumbnail of B1_3_NADIA_EL_KHAIR_17031167_2110_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NADIA_EL_KHAIR_17031167_2110_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Self-efficacy adalah keyakinan peserta didik terhadap potensi yang dimiliki dalam mengatur, menghadapi masalah serta menyelesaikan tugas yang diberikan. Terdapat 3 jenis dimensi self-efficacy yaitu level (tingkat kesulitan), strength (kekuatan), dan generality (keluasan). Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru Biologi kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia, yaitu kompetensi pembelajaran belum tercapai dengan baik, motivasi peserta didik untuk mengikuti pelajaran umum sangat rendah, seperti pada mata pelajaran biologi. Jika diberikan tugas, peserta didik akan bermalas-malasan untuk mengerjakannya dikarenakan sering kelelahan dengan banyaknya kegiatan ektrakurikuler dan ditambah lagi dengan situasi pandemi Covid-19 yang tidak menentu saat ini juga mempengaruhi aspek psikologis peserta didik dalam pembelajaran salah satunya yaitu selfefficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self-efficacy dengan hasil belajar biologi peserta didik di kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA dan IPS dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik saturation sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket selfefficacy. Berdasarkan hasil penelitian, nilai korelasi (r ) antara self-efficacy dengan hasil belajar peserta didik kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia sebesar 0,233 atau hanya memiliki nilai sumbangan (r 2 iv xy ) sebesar 5,43%. Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar biologi peserta didik yang menempuh pendidikan di pesantren sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy, Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 07:56 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 07:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6931 |