Wendi, Adrika (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Powerpoint Berbantuan Edmodo dan Powerpoint Pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_Adrika_Wendi_02691_1402_2016.pdf [thumbnail of B1_03_Adrika_Wendi_02691_1402_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_Adrika_Wendi_02691_1402_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diajar dengan media powerpoint berbatuan edmodo dibandingkan siswayang diajar dengan media powerpoint pada mata pelajaran Rangkaian Listrik danElektronika di SMK Negeri 1 Batipuh. Beberapa masalah yang diidentifikasimempengaruhi hasil belajar diantaranya guru kurang memanfaatkan kemajuanteknologi sebagai media pembelajaran yang inovatif. Media pembelajaran yangdigunakan guru masih berupa media konvensional sehingga kurang menarikperhatian siswa. Serta kurangnya daya serap dan antusias siswa terhadap materipembelajaran. Hal ini dapat mengakibatkan hasil belajar Rangkaian Listrik danElektronika siswa banyak berada di bawah KKM.Metode penelitian ini merupakan penelitian quasi ekspriment. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas X L tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 56orang yang terdiri dari kelas X L1 dengan jumlah 28 orang siswa merupakan kelaseksperimen yang kegiatan belajarnya menggunakan media powerpoint berbantuanedmodo dan siswa kelas X L2 dengan jumlah 28 orang siswa merupakan kelaskontrol yang kegiatan belajarnya menggunakan media powerpoint. Pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar pretest dan posttestberupa soal objektif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwaterdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan mediapowerpoint berbantu edmodo dan media powerpoint pada mata pelajaranRangkaian Listrik dan Elektronika. Dimana hasil belajar siswa kelas eksperimendan kelas kontrol terlihat dari nilai rata-rata hasil posttest kedua kelas. Pada kelaseksperimen nilai rata-rata hasil posttest sebesar 79,71 sedangkan pada kelaskontrol nilai rata-rata kelasnya sebesar 73,57. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas eksperimen yangdiajar menggunakan media powerpoint berbantuan edmodo lebih baik dari hasilbelajar siswa kelas kontrol yang diajar dengan media powerpoint.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran powerpoint berbantu Edmodo, Hasil belajar rangkaian listrik dan elektronika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 06:29 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 06:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6900 |