Hidayati, Ruri Nurul (2012) Pengaruh Pemberian Handout dalam Strategi Pembelajaran Aktif tipe Group To Group Exchange (GGE) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RURI_NURUL_HIDAYATI_01866_1050_2012.pdf [thumbnail of B1_3_RURI_NURUL_HIDAYATI_01866_1050_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RURI_NURUL_HIDAYATI_01866_1050_2012.pdf
Download (8MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain karena ketersediaan buku di perpustakaan sangat terbatas, guru jarang menggunakan media dan strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian dan mengaktifkan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan penelitian penerapan strategi pembelajaran aktif tipe GGE dengan menggunakan handout yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian handout dalam strategi pembelajaran aktif tipe GGE terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 9 kelas, sedangkan sampel adalah kelas kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 28 buah. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji t dengan kriteria jika t hitung > t maka hipotesis diterima. Berdasarkan uji hipotesis yang digunakan pada taraf nyata (α = 0,05) didapatkan harga t hitung 2,134 dan harga t tabel tabel 1,67, yang berarti t . Dengan demikian hipotesis dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 79,35 dan kelas kontrol 68,6. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif pemberian handout dalam strategi pembelajaran aktif tipe GGE terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang. hitung > t tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Handout, GGE, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6899 |