Helfarianto, Helfarianto (2014) Korelasi Partisipasi Mahasiswa Jurusan Sejarah di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dengan Hasil Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HELFARIANTO_18556_4598_2014.pdf [thumbnail of B1_03_HELFARIANTO_18556_4598_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HELFARIANTO_18556_4598_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa sejarah yang berpartisipasi di himpunan mahasiswa jurusan IPK-nya cendrung rendah. Seharusnya selama mereka berpartisipasi, mahasiswa tersebut menonjol dalam segi akademik karena harus mengoptimalkan keterampilan yang didapat di organisasi dalam proses pembelajaran, sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi organisasi dengan hasil belajar. Penelitian ini termasuk pada penelitian ex post facto. Lokasi penelitian yaitu di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan pengurus HMJ Sejarah UNP periode 2011-2012, yakni berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui Kuisioner dan selanjutnya dilakukan dengan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r 0,107 < r 0,374 yang berarti secara statistik tidak terdapat korelasi antara partisipasi mahasiswa jurusan sejarah dihimpunan mahasiswa jurusan dengan hasil belajar. Tapi dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator partisipasi di organisasi dengan hasil belajar mata kuliah diperoleh bahwa indikator 1 yaitu mata kuliah penilaian hasil belajar siswa (PHBS), indikator 2 yaitu mata kuliah sejarah kotemporer dan indikator 3 yaitu sejarah gerakan sosial tidak mempunyai hubungan dengan partisipasi mahasiswa di organisasi karena r tabel i hitung Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara partisipasi mahasiswa sejarah di himpunan mahasiswa jurusan sejarah di himpunan mahasiswa jurusan dengan hasil belajar. Dari hasil uji hipotesis per indikator antara indikator partisipasi di organisasi dengan hasil belajar menunjukan bahwa tidak ada indikator hasil belajar yang mempunyai hubungan dengan partisipasi mahasiswa. Berdasarkan kesimpulan, disarankan kepada mahasiswa agar hendaknya lebih selektif mengikuti kegiatan-kegiatan di himpunan mahasiswa yang mana disana mahasiswa bisa mengontrol diri dan mendisiplinkan diri supaya mereka tidak melakukan kegiatan-kegiatan diluar akademik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi mahasiswa, Hasil belajar, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:49 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6877 |