Peranan MGMP terhadap Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PPKn di SMA Kota Padang Panjang

Arista, Mutia (2014) Peranan MGMP terhadap Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PPKn di SMA Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MUTIA_ARISTA_89288_43_2015.pdf] Text
B1_3_MUTIA_ARISTA_89288_43_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang profil guru-guru PPKn, kendala dan upaya guru MGMP PPKn pada proses pembelajaran dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran di SMA Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti dan didasarkan pada data alamiah yang berupa kata-kata dalam mendeskripsikan objek yang diteliti. Subjek penelitian ini diambil secara purposive sampling dimana informan yang diambil didasarkan kepada orang yang memiliki wawasan dan pengetahuan tentang topik penelitian. Dalam hal ini, yang menjadi informan penelitian yaitu pembina MGMP Kota Padang Panjang, guru PPKn yang tergabung dalam MGMP PPKn Kota Padang Panjang. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian di lapangan adalah sebagai berikut: (1) Guru PPKn yang tergabung dalam forum MGMP sebanyak 24 orang yang tersebar ke 11 sekolah menengah di Kota Padang Panjang. Dari jumlah tersebut, 16 orang adalah berjenis kelamin perempuan dan sisanya 8 orang berjenis kelamin laki-laki. (2) Musyawarah Guru Mata Pelajaran merupakan suatu organisasi guru yang dibentuk untuk menjadi forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan, (3) Keberhasilan Guru MGMP PPKn Kota Padang Panjang baik dalam in-service atau saat berlangsungnya MGMP atau saat on-service yaitu saat aplikasinya dalam pembelajaran terlihat pada saat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan remedial (4) kendala internal terdiri dari kendala manajemen dan kendala program kegiatan (5) kendala eksternal terdiri dari kendala sarana dan prasarana serta kontribusi Dinas Pendidikan, (6) Upaya-Upaya MGMP dalam meningkatkan proses pembelajaran PPKn di kelas adalah menerbitkan himbauan yang diketahui dinas pendidikan, menanggulangi kekurangan dana dan mengakomodasi aspirasi anggota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MGMP, Pembelajaran PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:45
Last Modified: 22 Apr 2025 04:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item
View Item