Pengaruh Penggunaan CD Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dikelas XII SMA Negeri 1 Pancung Soal

Sari, Rosi Anggra (2012) Pengaruh Penggunaan CD Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dikelas XII SMA Negeri 1 Pancung Soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ROSI_ANGGRA_SARI_07363_2217_2012.pdf] Text
B1_3_ROSI_ANGGRA_SARI_07363_2217_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan CD Tutorial Pada Pembelajaran TIK merupakan salah satu solusi terhadap permasalahan pembelajaran yang terjadi di kelas khususnya pada pembelajaran TIK di Sekolah Menengah Atas, Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, terlihat bahwa pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih berlangsung satu arah. Pembelajaran cenderung terpusat pada guru, sehingga mengakibatkan berkurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK yang bersifat apresiatif (pengenalan dan perluasan) dan Praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan CD Tutorial pada pembelajaran TIK terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Pancung Soal. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang berarti Penggunaan CD Tutorial terhadap hasil belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XII SMA Negeri 1 Pancung Soal Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian yaitu kelas XII di SMA Negeri 1 Pancung Soal yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive random sampling, dan ditetapkan kelas XII IPS 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Alat pengumpulan data berupa tes hasil belajar menggunakan soal Objektif. Data diolah menggunakan Program SPSS versi 15,00 Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata kelas yang belajar dengan menggunakan CD Tutorial Yaitu 85,32 lebih tinggi dari nilai rata rata kelas yang belajar dengan metode Konvensional yaitu 73,46, setelah dilakukan uji Hipotesis dengan t-tes diperoleh t hitung lebih besar dari t- tabel ( 0,173 > 0,05) Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar TIK kedua kelas sampel berbeda, hipotesis nol (H 0 ) ditolak sehingga hipotesis kerja (H i ) diterima. Dari hasil belajar tersebut diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Signifikan dalam taraf nyata Penggunaan CD Tutorial terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Kelas XII SMA Negeri 1 Pancung Soal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan CD Tutorial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:23
Last Modified: 22 Apr 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6826

Actions (login required)

View Item
View Item