Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Kapur Sembilan Kabupaten Lima Puluh Kota

Rusji, Rori Maidi (2013) Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Kapur Sembilan Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RORI_MAIDI_PUSJI_72230_07_2014.pdf] Text
B1_3_RORI_MAIDI_PUSJI_72230_07_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk gambaran untuk mendapatkan proses pembelajaran yang meliputi: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan pembelajaran, c) Pemberian perbaikan (evaluasi) dan (2) bentuk gambaran untuk mendapatkan kegiatan pengelola pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Kapur Sembilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan maksud agar Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur Sembilan dapat teramati secara detail. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Alat pengumpul data yang utama adalah peneliti dan dibantu dengan pedoman observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, wakil bidang kurikulum, siswa dan perangkat sekolah lainnya sebagai pendukung. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa guru TIK yang mengajar di SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur Sembilan yang menjadi subjek penelitian ini yaitu terdiri dari dua orang guru. Setiap guru TIK menyadari bahwa dalam proses belajar mengajar selalu ada siswanya yang mengalami kesulitan belajar sehingga siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar. Masalah inilah yang akan ditindak lanjuti guru untuk mencari solusinya. Dalam hal kompetensi profesional, guru TIK tidak memiliki latar akademis yang harus dimiliki oleh seorang guru TIK tetapi mereka sudah menguasai ilmu tersebut dengan baik. Dalam hal interaksi sosial, guru TIK memiliki kepribadian yang baik dan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap profesinya serta memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan siapa saja baik dilingkungan sekolah atau tempat tinggalnya. Kegiatan mengelola pembelajaran yang dilakukan guru dengan ceramah, praktek dan tanya jawab. Kegiatan balikan yang dilakukan guru yaitu evaluasi pembelajaran yang terdiri dari latihan, ujian mid semester dan ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Teknologi, Informasi, Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:02
Last Modified: 22 Apr 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item
View Item