Pengembangan Handout Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Ekosistem Untuk Pembelajaran Biologi Kelas X R-SMA-BI

Putra, Ronny Nanda (2013) Pengembangan Handout Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Ekosistem Untuk Pembelajaran Biologi Kelas X R-SMA-BI. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RONNY_NANDA_PUTRA_01867_2413_2013.pdf] Text
B1_3_RONNY_NANDA_PUTRA_01867_2413_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan buku teks biologi terbitan Y sebagai bahan ajar pembelajaran biologi di R-SMA-BI 10 Padang memiliki kelemahan, yaitu membuat guru dan siswa lebih terpaku untuk membaca halaman yang berbahasa Indonesia, padahal penggunaan bahasa inggris adalah hal yang krusial dalam pembelajaran R-SBI. Salah satu media pendamping yang bisa digunakan adalah handout. Handout dapat dikembangkan dalam bahasa Inggris. Handout yang berbahasa Inggris dapat digunakan untuk mengenalkan konsep-konsep biologi dalam bahasa Inggris. Berbagai pendekatan bisa digunakan sebagai basis dalam pengembangan handout, salah satunya pendekatan problem solving yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan handout berbahasa Inggris dengan pendekatan problem solving pada materi ekosistem yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahapan dari Model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah 6 orang validator, 3 orang guru dan 30 orang siswa kelas XI R-SMA-BI Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari 6 orang validator (3 dosen dan 3 guru), 3 orang guru, dan 30 orang siswa berupa isian angket validitas, dan praktikalitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dalam bentuk persentase. Dari penelitian ini dihasilkan handout berbahasa Inggris dengan pendekatan problem solving pada materi ekosistem kelas X. Handout yang dihasilkan memiliki kriteria valid dengan rata-rata nilai validitas sebesar 84,97%, memiliki kriteria praktis baik oleh guru dengan rata-rata nilai praktikalitas sebesar 86,31% dan oleh siswa dengan rata-rata nilai praktikalitas sebesar 83,75%. Maka dapat disimpulkan bahwa handout berbahasa inggris dengan pendekatan problem solving pada materi ekosistem telah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:00
Last Modified: 22 Apr 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item
View Item