Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Mahasiswa Program Studi PPKn dalam Program Pengalaman Lapangan Kependidikan

Zikrisman, Zikrisman (2015) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Mahasiswa Program Studi PPKn dalam Program Pengalaman Lapangan Kependidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ZIKRISMAN_13244_3361_2015.pdf] Text
B1_3_ZIKRISMAN_13244_3361_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan mahasiswa PPKn dalam praktek lapangan ditandai dengan nilai yang bagus, padahal bimbingan yang didapat dari guru pamong belum maksimal, kurangnya latihan mengajar terbimbing dan masih belum melaksanakan latihan mengajar dengan baik.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi keberhasilan mahasiswa PPKn dalam Program Pengalaman Lapangan kependidikan, mengetahui tanggapan guru pamong terhadap keberhasilan mahasiswa praktek lapangan. Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu informan penelitianya ditentukan oleh peneliti sendiri berdasarkan kriteria tertentu. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi, pedoman wawancara dan uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Berdasarkan hasil temuan dilapangan ditemukan bahwa mahasiswa program Pengalaman lapangan kependidikan dalam keberhasilannya di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internal diantaranya faktor personal yaitu tingkat keterampilan, kompetensi yang dimilki, motivasi, serta komitmen individu itu sendiri, sedangkan faktor eksternal diantaranya faktor kepemimpinan, faktor tim, faktor sistem. Faktor kepemimpinan di antaranya yaitu peranan guru pamong, dan dosen yang membimbing praktek lapangan, faktor tim yaitu faktor yang didapatkan dari rekan praktek lapangan sedangakan faktor sistem mengakibatkan tekanan pada mahasiswa praktek lapangan yang menjalankannya. Adapun tanggapan guru pamong mengenai keberhasilan mahasiswa praktek lapangan ditandai dengan kemampuan mahasiswa mengusai kompetensi keguruan untuk ukuran guru praktek lapangan kebanyakan sudah mampu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:43
Last Modified: 22 Apr 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6795

Actions (login required)

View Item
View Item