Dani, Nurhelfi Risman (2021) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NURHELFI_RISMAN_17124108_65_2022.pdf [thumbnail of B1_1_NURHELFI_RISMAN_17124108_65_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NURHELFI_RISMAN_17124108_65_2022.pdf
Download (270kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan bahan ajar saat
pembelajaran, karena bahan ajar yang digunakan guru masih berpusat pada satu
materi. Materi dalam buku siswa masih belum terlalu luas sehingga pengetahuan
yang dimiliki siswa terbatas, sehingga siswa belum mampu mengembangkan
aktivitas hasil belajar secara maksimal dan berdampak pada hasil belajar yang
rendah.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah bahan ajar tematik
terpadu berbasis model project based learning untuk meningkatkan life skill
siswa pada tema 9 di kelas V yang valid, praktis dan efektif.
Desain penelitian ini menggunakan four-D yang langkah-langkahnya
terdiri dari define, design, development, dan disseminate (Tgiagarajan et al.,
1974). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan langsung
dari sumbernya, yaitu sekolah, guru, pakar dan siswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriftif dengan mendeskripsikan kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan pada bahan ajar yang dikembangkan.
Berdasarkan hasil temuan penelitian sebuah bahan ajar yang valid dengan
hasil rata-rata validasi isi RPP dan bahasa RPP yaitu 0,85 dan 0,89. Validasi
bahan ajar aspek isi dan aspek bahasa diperoleh 0,8 dan 0,87. Validasi aspek
grafik pada bahan ajar diperoleh 0.93. Hasil uji praktikalitas dilihat dari respon
guru dan respon siswa, pada nilai kepraktisan dari respon guru I, II, III adalah
88,87%, 90,67%, dan 87,37% kategori sangat praktis, serta respon siswa sebesar
87,24% dan 88,76% kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas ditinjau dari
aspek hasil belajar dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sebesar 90,90% dan
92,30%, nilai gain score sebesar 0,60 dan 0,54 dengan kategori sedang. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis model pembelajaran
project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang
dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat dimanfaatkan sebagai
sebuah sumber belajar untuk pembelajaran tema 9 kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:40 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6770 |