Pengembangan Modul Pembelajaran Karakter Melalui Literasi Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau dengan Menggunakan Metode Role Playing di Taman Kanak-Kanak Kota Padang

Nurhaini, Nurhaini (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Karakter Melalui Literasi Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau dengan Menggunakan Metode Role Playing di Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NURHAINI_17330037_1632_2021.pdf] Text
B1_1_NURHAINI_17330037_1632_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan modul
pembelajaran karakter melalui literasi berbasis cerita tradisional Minangkabau
dengan menggunakan metode role playing di taman kanak-kanak Kota Padang
penelitian ini membuat dan pengembangan modul karakter yang valid (dilihat
dari segi kelayakan isi). Selanjutya, dilihat dari segi kemudahan dalam
penggunaan modul karakter yang efektif (dilihat dari hasil belajar dan aktivitas
anak) yang digunakan di proses pengembangan TK Negeri II Padang Barat, TK
Asyiyah 24 Padang Selatan, dan TK Bayangkari 3 Alai Padang. Jenis penelitian
ini ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D)
untuk mengembangkan modul yang valid, praktis, dan efektif. Langkah-langkah
rancangan pengembangan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), tahap pengembangan (develope). Dilakukan pengembangan modul
pembelajaran yang telah dirancang melalui tiga tahap, yaitu validasi, uji
praktikalitas, dan uji efektivitas. Pengembangan dengan konsep modul cerita
Minangkabau ―Cindua Mato dan Gadih Basanai” yang dikembangkan telah
memenuhi aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas. Pertama, tingkat
validasi kelayakan isi modul pengembangan karakter cerita Minangkabau
―Cindua Mato dan Gadih Basanai” yaitu 93.51 dan berkategori sangat valid.
Kedua, tingkat praktikalisasi kemudahan pengunaan modul pengembangan
karakter cerita Minangkabau ―Cindua Mato dan Gadih Basanai” yaitu 91.34
dan berkategori sangat praktis. Ketiga, tingkat efektifitas hasil belajar dan
aktifitas anak dalam modul pengembangan karakter cerita Minangkabau
―Cindua Mato dan Gadih Basanai” yaitu 83.14 dan berkategori efektif.
Berdasarkan hasil yang diperoleh simpulan bahwa hasil belajar anak pada
materi pengembangan karakter cerita Minangkabau ―Cindua Mato dan Gadih
Basanai”diajar dengan modul guru tergolong lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:39
Last Modified: 22 Apr 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item
View Item