Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 2 Pariaman.

Sumartin, Romi Putra (2012) Pengaruh Penggunaan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ROMI_PUTRA_SUMARTIN_87935_1564_2012.pdf] Text
B1_3_ROMI_PUTRA_SUMARTIN_87935_1564_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa tersedianya fasilitas labor komputer yang memadai belum mampu menjamin nilai hasil belajar siswa lebih optimal jika tidak ditunjang pula dengan strategi dan metode pembelajaran yang tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itulah penggunaan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) diduga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMP N 2 Pariaman. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VII SMP N 2 Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 2 Pariaman yang berjumlah 254 yang terdiri dari 7 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII 7 dan VII masing-masingnya berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). 5 Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) memiliki nilai rata-rata (80) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas yang tidak menerapkan Strategi Belajar Tuntas ( mastery learning) 74,65. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,864 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel adalah sebesar 2,000. Dengan demikian penggunaan Strategi Belajar Tuntas (mastery learning) memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi Belajar Tuntas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:22
Last Modified: 22 Apr 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6752

Actions (login required)

View Item
View Item