Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah

Minarsi, Minarsi (2017) Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_MINARSIH_15151030_5755_2017.pdf] Text
B1_01_MINARSIH_15151030_5755_2017.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya strategi pemecahan masalah siswa. Motivasi menyelesaikan masalah dan komunikasi interpersonal merupakan faktor yang diduga mempengaruhi strategi pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi pemecahan masalah oleh siswa, (2) motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah, (3) komunikasi interpersonal siswa, (4) motivasi menyelesaikan masalah terhadap strategi pemecahan masalah siswa, (5) komunikasi interpersonal terhadap strategi pemecahan masalah siswa, dan (6) kontribusi antara motivasi menyelesaikan masalah, dan komunikasi interpersonal terhadap strategi pemecahan masalah
siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Kota Pariaman yang berjumlah 601 orang, sampel sejumlah 240 orang yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah kuesioner. Hasil uji validitas instrumen motivasi menyelesaikan masalah sebesar 0.465, komunikasi interpersonal sebesar 0.421, dan strategi pemecahan masalah siswa sebesar 0.443. Hasil uji reliabilitas instrumen motivasi menyelesaikan masalah sebesar 0.724, komunikasi interpersonal sebesar 0.802, dan strategi pemecahan masalah siswa sebesar 0.717. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) strategi pemecahan
masalah siswa berada pada kategori tepat, (2) motivasi menyelesaikan masalah berada pada kategori tinggi, (3) komunikasi interpersonal berada pada kategori baik, (4) terdapat kontribusi motivasi menyelesaikan masalah terhadap strategi pemecahan masalah siswa sebesar 3.6 % (r = 0.189, signifikansi 0.003), (5) terdapat kontribusi komunikasi interpersonal terhadap strategi pemecahan masalah siswa sebesar 1.8 % (r = 0.136, signifikansi 0.035), dan (6) terdapat kontribusi motivasi menyelesaikan masalah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap strategi pemecahan masalah siswa sebesar 4.1 % (R = 0.203, signifikansi 0.007). Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengarahkan Konselor Sekolah dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:19
Last Modified: 22 Apr 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6738

Actions (login required)

View Item
View Item