Chayrina, Zayra (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning tipe College Ball terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_ZAYRA_CHAYRINA_R_95991_106_2014.pdf [thumbnail of B1_3_ZAYRA_CHAYRINA_R_95991_106_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_ZAYRA_CHAYRINA_R_95991_106_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Sosiologi, masih kurangnya peran siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan system pembelajaran yang kurang menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Siswa kurang fokus dalam belajar hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang digunakan masih bersifat. Guru kurang mampu menciptakan kondisi yang kondusif, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan penyempurnaan dari strategi pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya strategi pembelajaran tersebut adalah dengan menerapan Strategi Active Learning tipe College Ball. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa melalui penerapan Strategi Active Learning tipe College Ball pada mata pelajaran Sosiologi kelas X SMA Negeri 2 Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pada quasy eksperimen. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X 1 (kelas eksperimen) dan kelas X (kelas kontrol) yang masing-masing kelasnya berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dianalisis menggunakan uji perbedaan (t-test). 5 Berdasarkan analisis hasil belajar, diperoleh nilai rata–rata siswa kelas X yang menerapkan Strategi Active Learning tipe College Ball yaitu 85.71 dan nilai rata-rata siswa kelas X yang menggunakan metode ceramah yaitu 78,12. Dari perhitungan uji perbedaan (t-test) didapat t 5 hitung 5,79 sedangkan t pada taraf nyata 0,05 adalah 2,021 dengan demikian t hitung > t (5,79 > 2,021). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Active Learning tipe College Ball tabel dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X SMA Negeri 2 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Strategi Active Learning tipe College Ball |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:18 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6731 |