Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Active Learning Tipe Kontrak Belajar dengan Model Pembelajaran Langsung pada Kelas VIII SMPN 1 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota

Anre, Muhammad (2013) Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Active Learning Tipe Kontrak Belajar dengan Model Pembelajaran Langsung pada Kelas VIII SMPN 1 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MUHAMMAD_ANRE_83995_2897_2014.pdf] Text
B1_3_MUHAMMAD_ANRE_83995_2897_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu penyebab hasil belajar biologi siswa rendah karena guru melaksanakan satu model pembelajaran saja, sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar biologi. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa untuk belajar biologi, guru perlu menciptakan suasana yang diinginkan oleh siswa, diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran active learning tipe kontrak belajar, agar siswa semangat untuk belajar dan menumbuhkan rasa bertanggungjawab. Penerapan model pembelajaran active learning tipe kontrak belajar ini menuntut guru tidak hanya melakukan penilaian dari aspek kognitif saja, tetapi juga afektif dengan melihat aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran active learning tipe kontrak belajar dengan pembelajaran langsung pada siswa Kelas VIII SMPN 1 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMPN 1 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota yang terdaftar pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampelnya adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen II yang didapat menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes objektif berjumlah 24 soal untuk ranah kognitif. Teknik analisis data yang digunakan untuk aktivitas siswa adalah dengan persentase, sedangkan data hasil belajar kognitif dengan uji t. Perolehan nilai aktivitas siswa kelas eksperimen I sebesar (80,05%), lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen II (69,28%). Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif dengan menggunakan uji t pada taraf nyata = 0,05 didapatkan harga t hitung sebesar 2,48 dan t tabel sebesar 1,70, t , maka Hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa yang signifikan antara model pembelajaran active learning tipe kontrak belajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMPN 1 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biologi, Active Learning, Kontrak Belajar, Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:16
Last Modified: 22 Apr 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6707

Actions (login required)

View Item
View Item