Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Dasar Listrik dan Elektrinika di SMKN 5 Padang

Zahra, Zaitun (2019) Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Dasar Listrik dan Elektrinika di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ZAITUN_ZAHARA_15053012_5432_2019.pdf] Text
B1_3_ZAITUN_ZAHARA_15053012_5432_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Belajar adalah suatu proses untuk membangun pngalaman yang terdapat dalam proses pembelajaran, maka kesesuaian model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena hasil pembelajaran merupakan output dari suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak dari penerepan model pelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental, dengan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL2B di SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 18 orang. Metode pengumpulan data diperoleh menggunakan hasil pretes-postest yang telah di uji validitas pretest 29 soal valid sedangkan uji validitas posttest 23 soal valid , reliabilitas pretest 0,86 berada pada kategori sangat tinggi sedangkan reliabilitas posttest 0,77 berada pada kategori tinggi, uji daya beda soal pretest 6 soal kategori jelek, 7 cukup, 30 baik, 7 sangat baik sedangkan daya beda posttest 10 soal kategori jelek, 4 cukup, 17 baik, 9 sangat baik, dan indeks kesukaran soal pretest 12 soal kategori mudah, 35 sedang, 3 sukar sedangkan indeks kesukaran soal posttest 9 soal kategori mudah, 28 sedang 3 sukar. Analisis data yang digunakan untuk melihat dampak dari penerapan pembelajaran menggunakan analisis ketuntasan klasikal dan Effect Size. Hasil penelitian Effect Size dengan Nilai 2.20 yaitu dalam kategori besar dan banyaknya siswa yang tuntas secara klasikal adalah 88.89%. dapat disimpulkan bahwa dampak dari penerapan Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 5 Padang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Ketuntasan Klasikal, Effect Size
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:14
Last Modified: 22 Apr 2025 04:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item
View Item