Kurniati, Rita (2017) Persepsi Siswa terhadap Manajemen Kelas oleh Guru pada Jurusan Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen se-Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.
B1_01_RUTA_KURNIATI_1200237_1723_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan penulis pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bisnis Manajemen se-Kota Bukittinggi bahwa manajemen kelas oleh guru yang masih kurang dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa terhadap Manajemen Kelas oleh Guru pada Jurusan Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen se-Kota Bukittinggi yang dilihat dari aspek penciptaan iklim pembelajaran, pengaturan ruang belajar, pengelolaan interaksi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Bisnis Manajemen se-Kota Bukittinggi yang berjumlah 408 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus Cochran dan sampel penelitian berjumlah 80 orang. Instrumen penelitian adalah angket model skala Likert dengan lima alternatif jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji coba instrumen menunjukkan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan rumus Mean (rata-rata). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) penciptaan iklim pembelajaran pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,15; 2) pengaturan ruang belajar berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,16; 3) pengelolaan interaksi pembelajaran berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,24. Dengan demikian, dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap manajemen kelas oleh guru pada Jurusan Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Manajemen se-Kota Bukittinggi berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,18.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:31 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/668 |