Persepsi Mahasiswa terhadap Manajemen Kelas pada Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan di Universitas Negeri Padang

Rifna, Rifna (2017) Persepsi Mahasiswa terhadap Manajemen Kelas pada Mata Kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.

[thumbnail of B1_01_RIFNA_1300023_5039_2017.pdf] Text
B1_01_RIFNA_1300023_5039_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis di Universitas Negeri Padang yang menunjukkan belum baiknya manajemen kelas oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang manajemen kelas oleh dosen pada mata kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan di Universitas Negeri Padang dalam 1) pengaturan peserta didik (kondisi emosional) meliputi: tingkah laku, kedisiplinan, minat / perhatian, gairah belajar dan dinamika kelompok 2) pengaturan Fisik (kondisi fisik) meliputi: ventilasi, pencahayaan, kenyamanan, letak duduk dan penempatan peserta didik 3) pengaturan keterampilan kondisi kelas meliputi Pencipataan kondisi belajar dan pengendalian kondisi belajar Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Administrasi dan Supervisi Pendidikan pada semester Januari-Juni 2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan tabel Krejcie yang uji coba dilakukan terhadap 10 responden diluar sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam model Skala Likert yang telah diuji coba validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis datanya menggunakan rumus rata-rata (Mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap manajemen kelas oleh dosen sudah cukup baik. Dalam tingkah laku mahasiswa berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,26, untuk indikator kedisiplinan berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,55, untuk indikator minat/perhatian berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,54, untuk indikator gairah belajar berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,54, untuk indikator dinamika kelompok berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,53, untuk indikator ventilasi berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,55, untuk indikator pencahayaan berada pada ketegori cukup baik dengan skor rata-rata 3,58, untuk indikator kenyamanan berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,47, untuk indikator letak duduk berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,55 untuk indikator penempatan peserta didik berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,61, untuk indikator penciptaan kondisi belajar berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,56 dan untuk indikator pengendalian kondisi belajar berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,47.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:19
Last Modified: 04 Feb 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item
View Item