Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-BasedInstruction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang

Yunus, Yusmeivita (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-BasedInstruction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YUSMEIVITA_YUNUS_1105385_4535_2015.pdf] Text
B1_3_YUSMEIVITA_YUNUS_1105385_4535_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyatan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang bahwa proses pembelajaran kurang dilibatkan langsung dengan pengalaman nyata siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah dan mengakibatkan sebagian besar siswa kelas VII belum mencapai batas Kiteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini menuntut guru untuk memilih pendekatan, metode, model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Berdasarkan Masalah supaya siswa dapat berfikir untuk menemukan solusi dari permaslahan-permasalahan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Adapun pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan subjek bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas tujuan tertentu, seperti jumlah siswa dan nilai rata-rata hasil belajar yang tidak jauh berbeda sehingga ditetapkan kelas VII. 6 sebagai kelas eksperimen dan VII. 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Setelah diperoleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah adalah 80,92 dan standar deviasi (SD) sebesar 7,84 sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 72,77 dan standar deviasi (SD) sebesar 7,35. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t hitung 3,286 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t tabel 2,002, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:58
Last Modified: 22 Apr 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item
View Item