Susanti, Nora (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Dekripsi dengan Teknik Observasi Langsung di Kelas III SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NORA_SUSANTI_11234_6349_2012.pdf [thumbnail of B1_1_NORA_SUSANTI_11234_6349_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NORA_SUSANTI_11234_6349_2012.pdf
Download (120kB)
Abstract
Masalah penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis deskripsi dengan menggunakan teknik observasi langsung pada tahap
prapenulisan, tahap saat penulisan, tahap revisi, tahap edit, dan tahap publikasi di Kelas
III SDN 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, berupa Penelitian Tindakan
Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 22 orang.
Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi dan tes unjuk kerja siswa,
serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan menulis deskripsi
dengan menggunakan teknik observasi langsung. Teknik obsevasi langsung dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dari pelaksanaan siklus I sampai dengan siklus II.
Setiap penerapan terdapat perbedaan tindakan dan terjadi peningkatan. Perbedaan yang
dimaksud adalah perlakuan yang diberikan, cara penyampaian materi pembelajaran, dan
penggunaan alat dan media pembelajaran. Keterampilan siswa pada tahap prapenulisan,
penulisan, perbaikan, pengeditan, dan publikasi mengalami peningkatan dari siklus I
sampai dengan siklus II. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi memiliki rata-rata
klasikal 67,45% siklus I dan 84,90% siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I ada 17
orang siswa yang tuntas secara ideal dengan persentase 77,27%, dan pada siklus II
seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terjadi peningkatan dalam keterampilan menulis deskripsi. Siswa mencapai
tingkat ideal pada pelaksanaan siklus II, yaitu 84,90%.
Berdasarkan lembaran observasi dan hasil tes, dapat disimpulkan bahwa teknik
observasi langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III
SD Negeri 36 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kebupaten Agam setelah
mencapai tingkat ideal pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:56 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6646 |