Yusri, Noki (2015) Peningkatan Proses dan Aktivitas Belajar Tematik dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 21 Labuh Baru Payakumbuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NOKI_YUSRI_1204008_5147_2015.pdf [thumbnail of B1_1_NOKI_YUSRI_1204008_5147_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NOKI_YUSRI_1204008_5147_2015.pdf
Download (427kB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi perlunya dilakukan peningkatan proses
pembelajaran tematik, yang belum berjalan sesuai dengan diharapkan, guru belum
mampu melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga berdampak
terhadap aktivitas belajar peserta didik. Peserta didik tidak mampu mengatasi
permasalahan dan encari solusi dari persoalan yang dihadapi dalam kehidupan seharihari.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan aktivitas peserta didik
dengan menggunakan model PBL.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. PTK terdiri dari empat
tahapan, planning, action, observation, dan reflection. Penelitian ini berlokasi di
SDN 21 Labuh Baru Payakumbuh, dengan subjek penelitian guru dan peserta didik
kelas IV yang berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, data
observasi dideskripsi, diinterprestasi, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan
perbaikan pada siklus berikutnya.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan proses belajar pada siklus I 70,5%
meningkat pada silus II 77,5%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I 60%
meningkat pada siklus ke II menjadi 75%. Aktivitas peserta didik yang meningkat
berarti proses pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:13 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6641 |