Dewi, Andam (2017) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ANDAM_DEWI_1300839_1245_2017.pdf [thumbnail of B1_01_ANDAM_DEWI_1300839_1245_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_ANDAM_DEWI_1300839_1245_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII
SMP Negeri 31 Padang. Ketiga, menjelaskan hubungan keterampilan membaca
pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP
Negeri 31 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2016/2017, yaitu 272 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan
proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Variabel
penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas
(variabel X) dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat
(variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca
pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut
diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan
membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis
teks deskripsi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik
dengan nilai rata-rata 81,00. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa
kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata
78,23. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca
pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP
Negeri 31 Padang.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada taraf
kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan n-1, yaitu thitung > ttabel (2,09>1,68)
dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan
bahwa thitung lebih besar dari ttabel.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Pemahaman |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6630 |